Cari Blog Ini

Jumat, 01 Februari 2013

Tutorial Blogspot Belajar Blog dari Awal

Sobat blogger kali ini saya akan memberikan tutorial blogspot Belajar Blog dari Awal paling dasar sampai bisa ngeblog sana dan sini. tutorial untuk pemula ini terinspirasi dari pertanyaan pertanyaan mengenai bagaimana cara belajar ngeblog biar cepat bisa atau cara yang mudah belajar ngeblog serta pelajaran blog dari paling dasar. semoga artikel singkat cara belajar blog di blogspot ini bermanfaat untuk sobat blogger, walau nantinya ada yang kurang lengkap.
untuk pelajaran blog dari dasar sampai mahir ini saya akan bagi menjadi beberapa tahap yang penting dalam dunia blogging atau bisa dikatakan dasarnya sebagai pengantar menjadi seorang blogger sejati yang tak kenal lelah (maaf lebay) .

Cara membuat blog di blogspot :
untuk cara membuat blog ini sobat bisa lihat disini atau kalau mau lebih jelas download saja modul cara membuat blog dan gmail disini . (apabila ada masalah dalam mendownload silahkan komen di fb atau di komen blogger)
baik setelah selesai membuat blog kita lanjut ke pelajaran selanjutnya yaitu :

Cara posting blog di blogspot :
pada tampilan awal di dasbor yang ini http://www.blogger.com/home , disitu kan ada beberapa pilihan, seperti gambar di bawah ini .
  



keterangan gambar :

new post / entry baru : untuk membuat artikel baru , atau postingan baru , nanti pada saat di buka akan timbul kotak postingan , nah ada dua metode cara posting , compose dan edit html , untuk pemula pilih saja tampilan awal saat membuka yaitu compose dan lebih lengkap menunya di bandingkan menggunakan html, kalau sudah buat judul ,isi dan label (kategori tema lebih luas dari postingan kita tentang apa ) silahkan pilih publish atau terbitkan entri untuk menerbitkan posting di blog kita.

edit post / edit entry : cara untuk melakukakn edit pada postingan kita, kita juga bisa menghapus postingan kita melalui ini.

comments : untuk melihat komen yang masuk di setiap postingan blog kita .

settings : pengaturan blog secara umum, nanti silahkan saja di otak atik kalau udah paham dasarnya .

design : tempat kita ingin mendesign atau merancang tampilan blog kita , inilah yang akan sering kita gunakan saat mendesign blog , ada dua metode yang sering di gunakan disini yaitu page elements dan edit html, nanti saya akan jelaskan cara mengeditnya .

stats : melihat jumlah pengunjung, pageviews dan semua yang berkaitan dengan statistik blog kita .

Cara mendesign blog di blogspot :
seperti yang saya bilag di awal tadi pada saat kita klik design ata rancangan di tampilan awal dasbor blog, maka akan muncul menu seperti dibawah ini ( kalau saya menggunakan bahasa inggris di akun blog seperti gambar di bawah, kalau mau bahasa indonesia juga gak masalah, sama saja kok tinggal disesuaikan saja dengan gambar saya ) :


sengaja saya coret merah supaya jelas, jadi yang di gunakan kalau dalam hal mendesig itu ada dua yaitu page elements dan edit html , saya akan jelaskan masing masig dari itu :

page elements : tempat kita menambahkan gadget,aksesoris blog atau macam macam yang caranya cukup mudah,prinsip utama dalam menambahkan gadget di page element ini mudah kok, coba klik add gadget atau tambah gadget di situ ,seterah mau dimana aja, maka akan timbul kotak baru seperti gambar di bawah ini :


lingkaran merah itu yang saya bilang klik add gadget , setelah itu timbul kotak seperti di sebelah kirinya, nah di situ banyak pilihan kayak nambahin follower,nambahin label, nambahin foto untuk di letakin di sidebar home page blog, dan lain lain, tapi kali ini saya akan menunjukkan yang akan paling sering di gunakan, yaitu html, seperti yang saya lingkar biru, silahkan klik, nanti timbul kotak judul isi sesuai gadget ata tidak dikasih judul juga bisa, yang penting isi kodenya di kotak yang besar itu , saya kasih contoh link menambakan gadget , misal cara memasang jam di blog,memasang kalender,memasang buku tamu,membuat tulisan berjalan dan bisa lihat lebih lengkap di categories tutorial berry blog.
bagaimana ? kalau belum mengerti bisa langsung tanya ke saya, atau coba deh search di blog saya atau di google cara caranya.

edit html : nah ini dia yang harus hati hati dalam bermain main disini, karena kalau salah bisa rusak deh tampilan blognya, tapi jangan kawatir , kalau sering di coba ntar juga ngerti kok, solusi pada saat ingin menambahkan gadget atau apapun itu melalui add gadget supaya kalau salah atau rusak gak papa, tinggal download full template, kalau terlanjur salah dan udah tersimpan jadi bisa tinggal upload lagi file yang di download template tadi. tapi kalau salah belum tersimpan bisa menggunakan tombol clear atau bersihkan edit yang ada di samping save atau simpan template untuk membersihkan semua yang sudah di edit seperti semula.
contohnya juga banyak di berry blog, bisa dilihat disini, cara membuat efek hati di blog, cara mempercantik blog, cara membuat related post atau artikel terkait dan lain lain yang dapat dilihat juga di label categories tutorial berry blog.

setelah sobat mengerti konsep dasar belajar blog dari awal sampai jadi master , maka sobat akan selalu betah dan gak bosen dalam update postingan bahkan sobat bisa juga mulai belajar SEO dan bisa ikut kontes SEO seperti ban terbaik di indonesia gt radial, ayo buat sobat blogger semua jangan menyerah untuk belajar dan mencari ilmu, di dunia maya banyak ilmu yang bertebaran, ayo raih ilmu ilmu itu sampai bisa menghasilkan dan bermanfaat juga untuk orang.
oke demikian artikel tutorial lengkap dan singkat agar cepat pandai belajar blog di blogspot dari berry blog, apabila ada yang kurang mengerti silahkan di tanyakan di komentar fb (tag nama saya supaya saya tau) atau di komentar blog .
hak cipta dilindungi , apabila ingin memasukkan artikel Tutorial Blogspot ini di blog anda, silahkan buat link sumber dengan url artikel ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar